Menyediakan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Kita

Senin, 20 November 2017

4 Tahapan Tata Cara Investasi Reksadana yang Perlu Anda Ketahui

Reksadana menjadi salah satu investasi yang banyak dipilih oleh para pemula. Tidak sedikit yang memilih investasi reksadana pasar saham untuk permulaan untuk jangka waktu dekat. Setelah melakukan pertimbangan tertentu misalnya jenis reksadana mana yang hendak Anda pilih dan dimana Anda membelinya, misalnya di Trimegah yang terpercaya dengan salah satu produknya adalah reksadana saham yang bisa dibeli dan dijual secara offline dan online, selanjutnya Anda bisa melakukan cara investasi reksadana.



Ada 4 tahapan yang harus diketahui. Pertama adalah Anda hanya bisa bertransaksi di hari bursa. Anda harus membuka rekening reksadana terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang harus ditandatangani dengan tinta basah atau asli dan melengkapinya dengan berbagai persyaratan yang sudah ditetapkan misalnya fotokopi KTP dan NPWP serta dana yang hendak diinvestasikan nantinya.

Kedua adalah proses transaksi berdasarkan pada NAB per unitnya. NAB sering dikatakan juga sebagai harga reksadana atau harga NAB yang dipengaruhi oleh nilai total kekayaan reksadana per harinya, dan pembelian serta penjualan reksadana oleh investor. Jika NAB tinggi maka nilai reksadana juga tinggi dan aset yang ada sudah lama sehingga nilai aset meningkat.

2 tahapan lainnya dalam cara investasi reksadana adalah:
  • Ada batasan waktu untuk bisa menerima transaksi per harinya baik saat pembelian atau penjualan. Jika membeli reksadana sebelum cut off maka transaksi akan memperoleh harga NAB di tanggal transaksi yang dilakukan sedangkan jika sesudah cut off maka harga akan mengikuti harga NAB di bursa selanjutnya. Harga NAB umumnya akan selesai dihitung setiap sore dan di umumnya keesokan harinya.
  • Menerima surat konfirmasi transaksi dari pembelian reksadana. Surat tersebut diterbitkan bank kustodian maksimal 7 hari bursa setelah formulir asli tersebut diterima bank kustodian. Nantinya Anda akan menerima laporan perkembangan per bulannya dari dana investasi yang Anda investasikan yang dikirimkan manajer investasi. simpan laporan tersebut untuk bukti kepemilikan reksadana.
Untuk pembelian dan penjualan reksadana dengan lebih mudah misalnya reksadana saham, bisa langsung menghubungi Trimegah yang terpercaya dan terbukti mampu mengelola reksadana oleh pihak yang berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar