Menyediakan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Kita

Selasa, 26 Desember 2017

Ini Dia Cara Awal Membuka Bengkel Las

Saat ini penduduk Indonesia sangatlah padat dan semakin meningkat. Hal ini menjadikan pengembang sara pemukiman juga ikut meningkat. Dengan meningkatnya pemukiman yang baru yang saat ini juga tengah dibangun atau pemukiman lama yang sedang direnovasi, maka peluang usaha bengkel las bisa menjadi salah satu usaha yang menguntungkan.

Apalagi dengan berbagai kebutuhan dalam pembangunan suatu pemukiman, tentu membutuhkan produk – produk yang dibuat oleh bengkel las. Misalnya pembuatan trails, rolling door, canopy, pagar besi tralis ataupun tangga besi dan produk lainnya.

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis ini dan berniat untuk memulai usaha bengkel las, maka sebaiknya Anda mengetahui apa saja trik dan cara persiapan memulainya. Misalnya cara penempatan lokasi untuk membuka bengkel las yang strategis, peralatan mesin las yang diperlukan untuk membuka bengkel, alat bantu perlengkapan mesin las hingga teknis cara pengelasan yang baik. Hal – hal tersebut harus diketahui agar usaha bengkel las yang Anda kelola dapat bersaing dan juga berkembang sesuai dengan harapan. 

Ini dia beberapa awal persiapan yang bisa dilakukan jika Anda ingin membuka usaha bengkel las :

Modal
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah modal. Setiap usaha tentu memerlukan modal untuk operasionalnya. Modal pada usaha bengkel las diantaranya adalah trafo, peralatan las, gerinda, modal skill, fasilitas listrik yang memadai, cutter, dan kompetensi yang berkaitan dengan keterampilan dalam mengelas besi yang terampil dan juga tepat. Tentu agar hasil produk dari bengkel las bisa bagus dan berkualitas sesuai dengan keinginan konsumen yang datang.

Jika konsumen puas dengan produk atau hasil kerja bengkel las, tentunya konsumen akan kembali lagi untuk menggunakan jasa bengkel las Anda lagi. Bisa juga konsumen merekomendasikan bengkel las Anda  kepada orang lain dan secara tidak langsung bisa membuat jaringan marketing melalui konsumen.

Lokasi
Ada syarat lain yang tentunya harus dipenuhi untuk membuka bengkel las yaitu lokasinya. Jika Anda sudah siap dengan modal yang cukup untuk memulai usaha, maka selanjutnya yang diperlukan adalah lokasi. Untuk lokasi bengkel tidak perlu terlalu luas. Ada yang membuka usaha bengkel las ini hanya dengan lokasi 3x3 meter persegi. Tetapi, carilah lokasi yang strategis di pinggir jalan raya. Ini berguna agar konsumen lebih mudah mencari keberadaan bengkel las Anda.

Manajemen
Dalam setiap usaha pengelolaan dan pengaturan dana sangatlah penting. Dengan adanya manajemen keuangan yang tertata rapi dan bagus serta Anda cermat dalam memasok bahan dan sarana bengkel, maka usaha bengkel las akan mendapat keuntungan maksimal.

Karyawan yang professional
Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah karyawan yang professional. Selain Anda adalah pakar dan juga ahli dalam pengerjaan las, Anda juga perlu karyawan atau tenaga las yang memiliki pengalaman. Hal ini bermanfaat untuk meminimalisir kecelakaan dalam bekerja.

Jika usaha las ini dilakukan dengan semborono, dapat mengakibatkan kecelakaan bahkan kematian. Misalnya ketika mengerjakan las beton rangka atau kanopi rumah dan dilakukan dengan sembrono tanpa kehati – hatian. Maka, dampaknya adalah rangka atau kanopi kemungkinannya bisa ambruk dan mendatangkan kerugian serta bahaya.

Itu dia beberapa cara awal untuk membuka bengkel las. Tentu ada beberapa hal mendasar yang perlu untuk diketahui. Hal mendasar tersebut nantinya akan bermanfaat agar usaha bengkel las Anda bisa terus lancar dan tidak ada masalah yang berarti ketika berbisnis. Selamat mencoba membuka usaha bengkel las!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar